Apakah
Kepribadian Menentukan Pemilihan Media Komunikasi?
“Metaanalisis
Terhadap Hubungan Kepribadian Extraversion, Neuroticism, dan Openness to
Experience dengan Penggunaan Email”
Pengantar
dan Tujuan
Penggunaan
Information Communication Technology (ICT) sebagai sarana komunikasi
meningkatkan orang untuk saling berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung
dengan internet walaupun lokasi mereka saling berjauhan. Salah satu fasilitas
internet adalah surat elektronik (email). Dengan email ini, pesan-pesan dapat
disampaikan secara tertulis melintasi batas ruang dan waktu.
Dari
teori Lewin dapat dikaitkan dengan perilaku penggunaan email, yaitu faktor
penyebab dari dalam diri yang mempengaruhi penggunaan email adalah faktor
individu (sifat kepribadian). Sedangkan faktor dari luar diri yang mempengaruhi
penggunaan email antara lain adalah kontak sosial, ciri-ciri kekayaan
komunikasi yang ditampilkan oleh sebuah media komunikasi, tersedianya fasilitas
internet, dan kemudahan penggunaan internet untuk berkirim email.
Penulis
melakukan meta analisis terhadap pola hubungan antara kepribadian dan
penggunaan email dari berbagai jurnal ilmiah yang terdiri dari 16 artikel, baik
yang telah dipublikasikan melalui jurnal ilmiah maupun hasil penelitian
tesis/disertasi yang dipublikasikan melalui internet dalam periode tahun 1999
hingga 2006. Tujuannya adalah untuk melihat apakah variabel kepribadian yang
diteliti dalam berbagai studi kalau dirangkum menjadi satu memberikan hasil
yang konsisten dan bisa dijadikan dasar untuk menjawab pertanyaan apakah
kepribadian menentukan pilihan media komunikasi.
Email
dan Berbagai Karakteristiknya
Dalam
sub-bab ini penulis menjelaskan tentang keunggulan-keunggulan yang menyebabkan
email lebih disukai daripada media komunikasi yang lainnya. Hal ini erat
kaitannya dengan karakteristik email itu sendiri, antara lain : kemampuan email
menciptakan komunitasi yang tidak berbasis geografis, dapat ditulis dan dibaca
di mana saja (Williams, Strover, dan Grant, 1994), Pesan yang ditulis dapat
pendek, dapat pula panjang. Bila ingin mengirimkan dokumen sertaan dapat
dilampirkan pada attachment, bisa dibuat arsip yang dapat disimpan dan dibuka
kembali pada saat dibutuhkan, Pesan dapat ditujukan kepada satu orang maupun
banyak orang secara bersamaan, dapat disisipkan e-motion, Asynchronous,
Anonimity, Polychronicity dan juga dialog.
Benarkah
kepribadian penentu pemilihan media?
Kepribadian
adalah unik untuk setiap individu, dan menjadikan individu tersebut berbeda
dengan individu yang lainnya. Sehingga muncul pertanyaan Mengapa seorang
memilih menggunakan email sementara orang lainnya tidak sering, bahkan tidak
mau menggunakannya?
Eysenck
Three Factors Model (Eysenck & Eysenck, 1991) dan Five Factors Model yang
dikembangkan oleh Costa & McCrae (Costa & McCrae, 1992) mencantumkan
Extraversion dan Neuroticism sebagai sentral dimensi kepribadian yang berada
dalam dua kutub yang berlawanan.
Penelitian
ini menggunakan teori kepribadian Big Five dalam mengelompokkan
variabel-variabel ke dalam dimensi, yaitu extraversion, neuroticism, dan
openness to
experience.
Metode
Subjek :
20 data dari berbagai jurnal periode tahun 1999-2006 melibatkan 4267 orang
(N=4267).
Prosedur
Penelitian
Metode
Pengumpulan Data
Dalam
penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yaitu metode survey yang
dilakukan terhadap data-data yang terdapat di dalam beberapa laporan
penelitian. Pengumpulan data dari berbagai jurnal didownload melalui INFOTRAC,
EBSCO, PROQUEST, ERIC, Tesis dan Disertasi yang diperoleh dari Networked
Digital Library on Theses and Dissertations (NDLTD). Sehingga dalam penelitian
ini dapat dicapai tujuan dari penelitian ini yaitu adanya hubungan antara
kepribadian dan penggunaan email.
Metode
Analisis Data
Analisis
data penelitian dilakukan melalui 5 tahap:
Manajemen
Data.
Pengkodean
dilakukan dengan cara mengelompokkan data-data variabel kepribadian yang
diperoleh dengan mengacu teori kepribadian Big Five (Costa, & McCrae,
1991).
Untuk
data yang masih mengandung nilai F, t, atau d dikonversikan terlebih dahulu ke
n
0 komentar:
Posting Komentar