Review Jurnal Nasional



Pengaruh Konseling Kelompok dan Implikasi Jenis Kelamin Tentang Konsep Diri Remaja di Sekolah Menengah

Edo Journal Konseling
Vol. 2, No. 2, 2009

1. Latar Belakang
     Bimbingan dan Konseling Kelompok merupakan layanan bimbingan terhadap individu melalui suasana kelompok. Sasaran Bimbingan dan Konseling Kelompok yaitu konseli secara individual dengan memanfaatkan suasana kelompok sebagai cara perlakuan dan saran remedial dan pengembangan konseli.
     Konseling kelompok adalah salah satu bentuk teknik bimbingan. Konseling kelompok merupakan bagian terpadu dari keseluruhan program Bimbingan dan Konseling komprehensif yaitu bagian terpadu dari keseluruhan program pendidikan setiap sekolah sesuai dengan perkembangan siswa.
Kemampuan yang perlu dimiliki dan diterapkan oleh seorang konselor adalah kemampuan memberi layanan konseling dalam kegiatan kelompok. Keterampilan ini diperoleh melalui mata kuliah khusus yaitu Bimbingan dan Konseling Kelompok, teori, dan teknik konseling kelompok, atau konseling dan psikoterapi kelompok.
Konseling kelompok penting bagi konseli terutama individu yang memperoleh kesulitan membutuhkan suasana kelompok untuk memecahkan kesulitannya. Kadang konseli kesulitan mengemukakan masalahnya secara individu atau membutuhkan orang lain. Kadang seorang konseli tidak berani bertatap muka dengan seorang konselor. Diperlukan juga pengamatan secara sosial perilaku konseli di dalam lingkungan kelompok.
    Pendidikan menyediakan orang dengan prospek untuk masa depan, karena itu sekolah diarahkan memberikan layanan untuk memproduksi mendidik. Psikologis dan sosial menyesuaikan diri dengan baik individu yang dapat bersaing baik dalam lingkungan yang berubah dengan cepat. Seks adalah dimensi biologis sebagai lelaki atau perempuan sementara gender adalah dimensi sosial-budaya (Santrock, 2001). Dari semua aspek konsep diri anak, salah satu yang paling penting adalah penemuan sikap terhadapnya atau jenis kelaminnya. Konsep diri yang dikembangkan tidak diwariskan. Pengalaman sosial mempengaruhi anak laki-laki jalan dan perempuan berperilaku dan ini bisa mempengaruhi konsep diri pembangunan. Sebagian dari anak muda yang tumbuh adalah identifikasi dan pengetahuan tentang menjadi seorang anak laki-laki atau perempuan dan pengetahuan ini.
2. Tujuan
  • Untuk menilai efektivitas konseling peer group dalam meningkatkan konsep diri  remaja sekolah menengah.
  • mencari tahu pengaruh seks pada konsep diri remaja .
  • Melatih anggota kelompok agar berani berbicara dengan orang banyak.
  • Melatih anggota kelompok dapat bertenggang rasa terhadap teman sebayanya.
  • Dapat mengembangkan bakat dan minat masing-masing anggota kelompok.
  • Mengentaskan permasalahan-permasalahan kelompok.
3.  Metode
1) Subyek : 68 siswa sekolah menengah dari tiga sekolah sekunder di Benin City, 34 laki-laki dan 34 perempuan di perkotaan.
2) Prosedur :
a) Metode Pengumpulan data
Data diperoleh dari beberapa Laporan seperti skala konsep diri remaja (ASCs) yang diadaptasi dari jurnal Akinboye (1977) dan data inventiry pribadi (APDI).  Instrumen/alat terbagi menjadi 2 bagian, yaitu bagian A terdiri dari respon seks, jenis sekolah, dan tipe keluarga. Sedangkan bagian B terdiri dari responden diri di bidang akademik, sosial-hubungan pribadi dan kemampuan intelektual. Kemudian diuji menggunakan uji reliabelitas secara berulang-ulang.
b) Metode Analisis data
Data dianalisis menggunakan t-statistik dan analisis varian (ANOVA).

4. Hasil
     Hasil penelitian mengungkapkan secara positif tentang adanya konseling kelompok setelah dihitung nilai t- dari 6,58 lebih besar dari nilai t-kritis 1,96 dengan df = 66 dan alpha  tingkat .05 dan didukung dengan temuan Hoffman dan Warner (1976) dan Divers – Starnes (1991),serta Jeffery dan Reynolds (1994), Lane (1997), dan Tobias & Myrick (1999), yang melaporkan efek positif dari konseling peer group pada para peserta.  Anak-anak memiliki kelebihan tertentu atas orang dewasa dalam membantu rekan-rekan mereka. Mereka memahami masalah mereka lebih baik karena mereka lebih dekat dan kognitif sehingga konselor sebaya dapat menyajikan masalah dalam hal anggota kelompok akan  mengerti lebih baik. Perbedaan jenis kelamin tidak berpengaruh secara signifikan terhada  konsep diri siswa Setelah dihitung t-nilai 0,17 lebih kecil dari nilai t-kritis 1,96 dengan derajat kebebasan, 66 dan tingkat alfa, dari .05. Tidak ada efek interaktif perlakuan berdasarkan jenis kelamin pada diri peserta terhadap Konsep diri peseta setelah dihitung skor.  F dinilai 0,57, df – (1,60), P < 05.

5. Saran
      Program konseling kelompok harus diterapkan dan dijalankan secara teratur disekolah-sekolah dengan dukungan dari pihak sekolah dan orang tua. Para konselor sekolah bisa memperpanjang efektivitas nya melalui penggunaan remaja terlatih sebagai model dalam konseling kelompok. Pengembangan konselor sebaya mungkin juga menjadi jawaban untuk orang  tumbuh lebih dekat daripada terpisah karena masyarakat dapat  manfaat dari citra positif dari remaja. Konselor dapat menempatkan iklan di papan pengumuman atau mengumumkan di tanah perakitan untuk rekan peserta pelatihan konselor, yang menyatakan pentingnya kualifikasi. Keterlibatan siswa dalam proses konseling akan memiliki efek positif pada siswa dalam program konseling sekolah.

6. Pendapat
  • Setuju : saya setuju dengan sikap posotif para peserta tentang diadakannya konseling kelompok karena menurut Cohen (1989) had noted that similarity between model Cohen (1989) kemiripan antara model and learner increases the influence of modelling.dan pelajar meningkatkan pengaruh pemodelan, hal ini berati remaja memiliki kesempatan untuk menjadi model/contoh untuk rekan-rekan mereka untuk  meningkatkan konsep diri peserta lain.
  • Sangkalan : saya kurang setuju dengan hasil tentang tidak ada perbedaan yang secara signifikan antara siswa laki-laki dan perempuan terhadap pembentukan konsep diri karena menurut temuan dari Fontana(1981) dan Obidigbo (2002)  bahwa anak perempuan cenderung memiliki konsep diri  yang rendah dibandingkan dengan anak laki-laki. Hal ini disebabkan karena anak perempuan lebih sering menghambat diri dan kehilangan efek mereka terhadap konsep diri yang mereka bangun.

sumber:

0 komentar:

Posting Komentar